PENGARUH PUPUK ORGANIK CAIR ASAL C.odorata TERHADAP SERAPAN HARA KALIUM DAN HASIL PADI LADANG



jamilah munir munir(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Efek pupuk organik Cair C.odorata terhadap serapan hara Kalium dan hasil padi ladang telah dilakukan penelitian sejak Mei  hingga November  2014, di lahan kering Kuranji, Kota Padang, sebagai sentra budidaya padi sawah dan palawija.  Percobaan dilakukan dengan menggunakan rancangan acak lengkap tersarang.  Konsentrasi ditetapkan sebagai perlakuan utama dengan 2 taraf yaitu;C1. 20% dan C2 sebesar 10%. Sedangkan perlakuan tersarang terdiri atas interval aplikasi pupuk terdiri atas 3 taraf yaitu, I1 setiap minggu, I2 setiap 2 minggu dan I3 setiap 3 minggu. Percobaan disusun dalam 18 petak, dengan ukuran petak sebesar 2 x 2 meter persegi, parameter pengamatan meliputi; tinggi tanaman, anakan produktif, angkutan hara kalium dan hasil padi.  Dari percobaan yang telah dilakukan dapat dissimpulkan bahwa pemberian 20%  POC C.odorata yang diberikan setiap 3 minggu sekali mampu meningkatkan pertumbuhan dan hasil padi ladang. Pada aplikasi interval 3 minggu sekali, dengan konsentrasi 20% POC meningkatkan serapan harak Kalium dan hasil gabah kering sebesar 11,14% dibandingkan tanaman yang diaplikasi dengan konsentrasi 10%  POC.

 


Full Text:

PDF INDONESIA

References


Jamilah, Rafli Munir dan Fatimah. 2009. Upaya menggantikan pupuk kimia buatan dengan kompos C.odorata dan Guano untuk tanaman jagung (Zea mays L.) pada pengelolaan tanah marginal secara berkelanjutan. Laporan Penelitian Hibah Bersaing dengan nomor kontrak 148SP2H/PP/DP2M/IV/2009.

Jamilah, Fatimah dan Ikhwan. 2012. Pengaruh pemebrian POC C.odorata yang diperkaya tepung tulang dan PF terhadap Pertumbuhan dan produksi padi. Prosiding Seminar Nasional pengembangan Agroindustri untuk mendukung Perekonomian Rakyat. Politani Payakumbuh.

Jamilah, Ediwirman dan Milda Ernita. 2013. Pupuk orgnik cair C.odorata dan sabut kelapa menggantikan penggunaan pupuk K untuk meningkatkan hasil padi ladang. Prosiding seminar Nasional Ketahanan Pangan tanggal 23 Oktober 2013 di Payakumbuh.

Mengel, K., and E. A. Kirkby. 2001. Principles of Plant Nutrition.5thedition Kwuler Academic Publishers.

Nursanti dan A. Madjid. 2009. Dasar-dasar Ilmu tanah. Bakteri pelarut fosfatsebagai agens hayati.Bahan kuliah online mahasiswa fak.Pertanian Univ. Sriwijaya.

Nyakpa, M, M. A. Pulung., A. G. Amrah, Go Ban Hong and Nurhajati Hakim. 1988. Kesuburan Tanah. Universitas Lampung. 256 hal.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Comments on this article

View all comments


Copyright (c) 2016 jamilah munir munir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by Kopertis Wilayah X

Jalan Khatib Sulaiman Padang
Sumatera Barat
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: bibiet@kopertis10.or.id

E ISSN 2502-0951
View My Stats