THE EFFECT OF ENTREPRENEUR ORIENTATION AND FINANCIAL LITERACY TOWARD SMALL BUSINESS ENTERPRISES PERFORMANCE IN MATARAM



Sigit Ary Wijayanto(1*), Muhammad Wahyullah(2), Dwitya Aribawa(3)

(1) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM
(2) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM
(3) Universitas Atma Jaya Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


The purpose of this paper is to investigate the influence of entrepreneurial orientation and financial literacy towards performance of SMEs in the city of Mataram, and to identify the problems faced by SMEs, especially in the city of Mataram. Research respondents were 174 SMEs in the city of Mataram. Sampling technique using  purposive, data analysis using partial least square (PLS). The results showed a positive and significant effect between entrepreneurial orientation and financial literacy towards the performance of SMEs in the city of Mataram. The real problems of SMEs in Mataram that have been confirmed are: 1) Still having difficulties in getting venture capital assistance, 2) Difficulties in promoting business, and 3) Increasingly competitive business competition that is constrained in developing their businesses


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh orientasi kewirausahaan dan literasi keuangan terhadap kinerja UMKM di Kota Mataram dan mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi oleh pelaku UMKM khususnya di Kota Mataram. Responden penelitian sebanyak 174 pelaku UMKM di Kota Mataram. Penentuan sampel dengan menggunakan purposive sampling, dengan kriteria 1) UKM sudah beroperasi selama dua tahun, 2) prioritas usaha kecil dan menengah, 3) bersedia menjadi responden, dan analisis data menggunakan partial least square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara orientasi kewirausahaan dan literasi keuangan terhadap kinerja UMKM di Kota Mataram. Permasalahan riil pelaku UMKM di Kota Mataram yang berhasil terkonfirmasi yaitu: 1) Masih kesulitan dalam mendapatkan bantuan modal usaha, 2) Kesulitan melakukan promosi usaha, dan 3) Persaingan usaha yang semakin kompetitif sehingga terkendala dalam mengembangkan usahanya.


Keywords


entrepreneur orientation; financial literacy; SMEs performance

Full Text:

PDF INDONESIA

References


Ardiana, I. D. K. R. and Brahmayanti, I. A. (2003) ‘Kompetensi SDM UKM dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UKM di Surabaya’.

Aribawa, D. (2016) ‘Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Kinerja Dan Keberlangsungan UMKM di Jawa Tengah’, Siasat Bisnis, 20(1), pp. 1–13.

Dahmen, P. and Rodriguez, E. (2014) ‘Financial Literacy and the Success of Small Businesses: An Observation from a Small Business Development Center’, Numeracy, 7(1).

Fatoki, O. (2014) ‘The Financial Literacy of Micro Entrepreneurs in South Africa’, Journal of Social Sciences, 40(2), pp. 151–158.

Kuncoro, M. (2000) ‘Usaha Kecil Di Indonesia: Profil, Masalah Dan Strategi Pemberdayaan’, pp. 1–19.

Lee, D. Y. and Tsang, E. W. K. (2001) ‘The effects of entrepreneurial personality, background and network activities on venture growth’, Journal of Management Studies, 38(4), pp. 583–602. doi: 10.1111/1467-6486.00250.

Littunen, H. (2000) ‘Entrepreneurship and the Characteristics of the Entrepreneurial Personality’, International Journal of Entrepreneurial Behavior and Research, 6(6), pp. 296–309.

LPPI and Indonesia;, B. (2015) ‘Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)’.

Mahmud and Anomsari, A. (2011) ‘Analisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Kemampuan Manajemen, dan Strategi Bisnis dalam Peningkatan Kinerja Perusahaan (Studi pada Usaha Kecil Menengah di Kawasan Usaha Barito Semarang)’, 2011(Semantik), pp. 1–8.

OJK, O. J. K. (2017) Literasi Keuangan. Available at: http://www.ojk.go.id/id/kanal/edukasi-dan-perlindungan-konsumen/Pages/Literasi-Keuangan.aspx. (Accessed: 30 June 2017).

Purnomo, R. (2010) ‘Pengaruh Self-Efficacy, dan Locus of Control terhadap Persepsi Kinerja Usaha Skala Kecil dan Menengah’, 17(2), pp. 144–161.

Rivai, V. and Sagala, E. (2009) Manajemen SDM untuk Perusahaan: dari Teori ke Praktik. 2nd edn. Jakarta: Raja Grafindo.

Suci, P. R. (2009) ‘Peningkatan Kinerja Melalui Orientasi Kewirausahaan, Kemampuan Manajemen, dan Strategi Bisnis’, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 11(1), pp. 46–58.

Sugiyono (2012) Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

UKM, K. K. (2016) Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Nomor 07/Per/M.KUKM/VII/2015 tentang Rencana Strategi Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia Tahun 2015-2019. Available at: http://www.depkop.go.id/berita-informasi/data-informasi/perencanaan-program/?eID=tx_rtgfiles_download&tx_rtgfiles_pi1%5Buid%5D=31%3E (Accessed: 21 April 2016).

Journals

Ardiana, IDKR, Brahmayanti, IA. & Subaedi. 2010. Kompetensi SDM UKM dan Pengaruhnya terhadap Kinerja UKM di Surabaya. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol. 12(1): 42-55.

Ariwibawa, D. 2016. Pengaruh Literasi Keuangan terhadap Kinerja dan Keberlangsungan UMKM di Jawa Tengah. Jurnal Siasat Bisnis. Vol. 20(1): 1-13.

Dahmen, P, & Rodriguez, E. 2014. Financial Literacy and the Success of Small Businesses: An Observation from a Small Business Development Center. Numeracy: Vol. 7(1), Article 3. DOI: http://dx.doi.org/10.5038/1936-4660.7.1.3

Fatoki, O. 2014. The Financial Literacy of Micro Entrepreneurs in South Africa, Journal of Social Science, 40(2): 151-158.

Handayani, W. 2008. Dampak Komitmen Organisasi, Self Efficacy, terhadap Konflik Peran dan Kinerja Karyawati PT. HM Sampoerna, Tbk. di Surabaya. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis. Vol.8(2): 70-78.

Kuncoro, M. 2000. Usaha Kecil di Indonesia: Profil, Masalah, dan Strategi Pemberdayaan, dilihat 3 Mei 2016. <http://mudrajad.com/download/journal/Usaha%20Kecil%20di%20Indonesia%20- %20Profil,%20Masalah,%20dan%20Strategi%20Pemberdayaan.pdf>.

Lee, DY, & Tsang, EWK. 2001. The Effect of Entrepreneurial Personality, Background and Network Activities on Venture Growth. Journal of Management Studies (38)4: 583-602.

Littunen, H. 2000. Entrepreneurship and the Characteristics of the Entrepreneurial Personality, International Journal of Entrepreneurial Behavior and Research. Vol. 6(6): 296-309.

Mahmud & Ariati Anomsari. 2011. Analisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Kemampuan Manajemen, dan Strategi Bisnis dalam Peningkatan Kinerja Perusahaan (Studi pada Usaha Kecil Menengah di Kawasan Usaha Barito Semarang), Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan 2011 (Semantik 2011), dilihat tanggal 5 Mei 2017, <http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/semantik/article/view/27/184>.

Purnomo, R. 2010. Pengaruh Self-Efficacy, dan Locus of Control terhadap Persepsi Kinerja Usaha Skala Kecil dan Menengah. Jurnal Bisnis dan Ekonomi. Vol. 17(2): 144-160.

Suci, RP. 2009. Peningkatan Kinerja Melalui Orientasi Kewirausahaan, Kemampuan Manajemen, dan Strategi Bisnis (Studi pada Industri Kecil Menengah Bordir di Jawa Timur). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol. 11(1): 46-58.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sigit Ary Wijayanto, Muhammad Wahyullah, Dwitya Aribawa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Benefita has been migrated to the new website. To make a new submission in Jurnal Benefita, you can easily go to new webstie link HERE and register.

 

Published by LLDIKTI Wilayah X

Khatib Sulaiman Street Padang
West Sumatera, Indonesia
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: [email protected]

E ISSN 2477-7862