STUDI PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI



Arya Fajar Putra Abadi(1), Supri Wahyudi Utomo(2), Elana Era Yusdita(3*)

(1) Universitas PGRI Madiun
(2) Universitas PGRI Madiun
(3) Universitas PGRI Madiun
(*) Corresponding Author

Abstract


The phenomenon of students who raise nominal tuition bills to parents is rife so it needs further search for consumptive behavior among students. This study aims to determine the effect of hedonic shopping motivation on consumptive behavior in Accounting Education Study Program students at a University in Madiun. This research uses quantitative methods and online questionnaires as a tool for primary data collection through google form. The sample method used is a saturated sample. Based on the results of hypothesis testing, it was found that hedonic shopping motivation had a positive effect on the consumptive behavior of Accounting Education students. Students are more interested in buying goods because of discounts, satisfying services and affordable prices.


Fenomena berupa mahasiswa yang menaikkan nominal tagihan biaya kuliah kepada orang tua marak terjadi sehingga perlu penelusuran lebih lanjut mengenai perilaku konsumtif di kalangan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belanja hedonis terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi di sebuah Universitas di Madiun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kuesioner online sebagai alat pengumpulan data primer lewat perantara media google form. Metode sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Bersumber pada hasil uji hipotesis, didapati bahwa motivasi belanja hedonis berpengaruh positif terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Pendidikan Akuntansi. Mahasiswa lebih tertarik melakukan pembelian barang karena adanya diskon, pelayanan yang memuaskan dan harga yang terjangkau.


Keywords


Motivation of hedonic shopping; Consumptive Behavior; Students Behavior

Full Text:

PDF INDONESIA

References


Adilang, A., Oroh, S. G., & Moniharapon, S. (2014). Persepsi, Sikap, Dan Motivasi Hedonis Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 561–570.

Anggreini, R., & Mariyanti, S. (2014). Hubungan Antara Kontrol Diri Perilaku Konsumtif Mahasiswi Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi Esa Unggul, 12(1).

Arnold, M. J., & Reynolds, K. E. (2003). Hedonic Shopping Motivations. Journal of Retailing 79 , 77-95.

Japarianto, E. (2010). Analisa Faktor Type Hedonic Shopping Motivation dan Faktor Pembentuk Kepuasan Tourist Shopper di Surabaya. Jurnal Manajemen Dan Wirausaha, 12(1), 76–85. https://doi.org/10.9744/jmk.12.1.pp.76-85

Listyoningrum, A. & Albari. (2012). Analisis Minat Beli Konsumen Muslim Terhadap Produk yang Tidak Diperpanjang Sertifikat Halalnya. Jurnal Ekonomi & Keuangan Islam, 2(1), 40-51.

Lodeng, A. (2018). Pengaruh Gaya Hidup Hedonis Terhadap Perilaku Konsumtif Menurut Ekonomi Islam (Studi Pada Mahasiswa Santri Ma’had Al-Jami’ah UIN Raden Intan Lampung). Retrieved from http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3746

Prakosa, Y. D. & Anwar, M. (2017). Sikap Konsumen Terhadap Barang-Barang Gray Market. Jurnal Manajemen Bisnis, 8(1), 34-51.

Putera. A.D. (2018). Jumlah Pembeli Online Indonesia Capai 11,9 Persen dari Populasi. Retrieved March 31, 2019, from Kompas.com website: https://ekonomi.kompas.com/read/2018/09/07/164100326/jumlah-pembeli-online-indonesia-capai-119-persen-dari-populasi.

Samuri, V. I. F., Soegoto, A. S., & Woran, D. (2018). Studi Deskriptif Motivasi Belanja Hedonis Pada Konsumen Toko Online Shopee Descriptive Study of Hedonic Shopping Motivation in Shopee Online Shop. Jurnal Emba, 6(4), 2238–2247.

Sangadji, E. , & Sopiah. (2013). Perilaku konsumen pendekatan praktik disertai: himpunan jurnal penelitian. Yogyakarta: ANDI.

Satyo, M. F. & Suprihhadi, H. (2013). Pengaruh Diskon Harga, Merek Produk dan Layanan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Garmen. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, 2(8), 1-19.

Siregar, S. (2014). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuatitatif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, U. (2011). Perilaku konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Yuliawati, Y., & Suarna, I. F. (2017). Belanja Hedonis di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Ekubis, 1(2), 41–51.

Yushita, A. N. (2017). Pentingnya Literasi Keuangan Bagi Pengelolaan Keuangan Pribadi. Jurnal Nominal, VI(1), 11-26.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Arya Fajar Putra Abadi, Supri Wahyudi Utomo, Elana Era Yusdita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Benefita has been migrated to the new website. To make a new submission in Jurnal Benefita, you can easily go to new webstie link HERE and register.

 

Published by LLDIKTI Wilayah X

Khatib Sulaiman Street Padang
West Sumatera, Indonesia
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: [email protected]

E ISSN 2477-7862