KATEGORI DAN LAYANAN E-COMMERCE TERHADAP DAYA BELI DI KALANGAN MAHASISWA



Cucu Komala(1*), Hamdan Sugilar(2)

(1) Prodi Ekonomi Syariah Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(*) Corresponding Author

Abstract


The rapid development of e-commerce influences people's purchasing power, including students who are affected by services provided by e-commerce. The purpose of this article is to explain the categories of e-commerce and services that are presented to students' purchasing power at online stores. The method of this research is the method of correlation with the subjects of S1 and S2 students in one of the universities in Bandung, the research instruments are questionnaires, and secondary data in analyzing the response to services provided by e-commerce. The results of the study show that the purchasing power of students towards e-commerce is within the limits of the need not yet on the consumer aspect. However, the e-commerce service or platform provided changes the perspective of students from conventional shopping to online shopping. There is a correlation between service and purchasing power with a high correlation value of 0.985 and a positive influence between services or e-commerce platforms on student purchasing power at online stores.

 

Pesatnya perkembangan e-commerce mempengaruhi daya beli masyarakat tidak terkecuali mahasiswa yang terpengaruh dengan layanan yang diberikan e-commerce. Tujuan artikel ini adalah untuk menjelaskan kategori e-commerce dan layanan yang disajikan terhadap daya beli mahasiswa pada toko online. Metode penelitian ini adalah metode korelasi dengan subjek penelitian mahasiswa S1 dan S2 salah satu perguruan tinggi di Bandung, isntrumen penelitiannya angket, dan data sekunder dalam menganalisa respon terhadapa layanan yang diberikan oleh e-commerce. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya beli mahasiswa terhadap e-commerce dalam batas kebutuhan belum pada aspek konsumtif. Namun layanan atau platform e- commerce yang diberikan mengubah cara pandang mahasiswa dari belanja konvensional ke belanja online. Ada korelasi antara layanan terhadap daya beli dengan nilai korelasi tinggi sebesar 0,985 dan adanya pengaruh positif antara layanan atau platform e-commerce terhadap daya beli mahasiswa pada toko online.


Keywords


e-commerce, purchasing power, online store

Full Text:

PDF INDONESIA

References


Adyanto, B. C., & Santosa, S. B. (2018). PENGARUH KUALITAS LAYANAN, BRAND IMAGE, HARGA DAN KEPERCAYAAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi layanan E-commerce Berrybenka. Com). Diponegoro Journal of Management, 7(1), 10–29.

Gunarto, T. Y. (2015). Hubungan Tingkat Pendidikan dengan Preferensi Pemilihan Model Bisnis Toko Online. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 20(1).

Hermawan, H. (2017). Sikap konsumen terhadap belanja online. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 16(1), 136–147.

Irmawati, D. (2011). Pemanfaatan e-commerce dalam dunia bisnis. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis–ISSN, 2085, 1375.

Janita, I., & Chong, W. K. (2013). Barriers of b2b e-business adoption in Indonesian SMEs: A Literature Analysis. Procedia Computer Science, 17, 571–578.

Lumangkun, M. R. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN TOKO ONLINE SHOPEE di KECAMATAN RATAHAN. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4(1).

Luthfihadi, M., & Dhewanto, W. (2013). Technology Acceptance of E-commerce in Indonesia. International Journal of Engineering Innovation and Management, 3, 9–18.

Pearson, J. M., & Grandon, E. E. (2005). An empirical study of factors that influence e-commerce adoption/non-adoption in small and medium sized businesses. Journal of Internet Commerce, 4(4), 1–21.

Permana, H., & Djatmiko, T. (2018). ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN ELEKTRONIK (E-SERVICE QUALITY) TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SHOPEE DI BANDUNG. SOSIOHUMANITAS, 20(2), 64–78.

Pradana, M. (2017). Klasifikasi Bisnis E-commerce di Indonesia.

Sidharta, I., & Sidh, R. (2014). Pengukuran persepsi manfaat dan persepsi kemudahan terhadap sikap serta dampaknya atas penggunaan ulang online shopphing pada e-commerce. Jurnal Computech & Bisnis, 8(2), 92–100.

Sidharta, I., & Suzanto, B. (2015). Pengaruh Kepuasan Transaksi Online Shopping Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Sikap Serta Perilaku Konsumen Pada E-Commerce. Jurnal Computech & Bisnis, 9(1), 23–36.

Widodo, T., & Qurniawati, R. S. (2017). PENGARUH KETERGANTUNGAN PADA SMARTPHONE DAN SIKAP TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN ONLINE PADA MAHASISWA. Jurnal Ilmiah Among Makarti, 9(18).

Yulianto, Y., Alfiah, F., Harahap, E. P., Pahad, B. A., Andriyanto, A., Azhari, I. A., & Saputra, R. S. (2015). Analisa Peranan Teknologi Internet Sebagai Media Transaksi E-commerce Dalam Meningkatkan Perkembangan Ekonomi. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 3(1), 4–1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Cucu Komala, Hamdan Sugilar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Benefita has been migrated to the new website. To make a new submission in Jurnal Benefita, you can easily go to new webstie link HERE and register.

 

Published by LLDIKTI Wilayah X

Khatib Sulaiman Street Padang
West Sumatera, Indonesia
Phone: +62751705637
Fax: +62751705637
Email: jurnal.lldikti10@ristekdikti.go.id

E ISSN 2477-7862                                                    Â